EFEKTIVITAS ALAT PERAGA KAMPANYE CALON ANGGOTA LEGISLATIF: STUDI PENDAHULUAN PEMASARAN POLITIK PADA GENERASI MILENIAL DI PROVINSI LAMPUNG, INDONESIA

Kurnia Perdana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat efektivitas alat peraga kampanye yang dilihat dari perspektif
generasi milenial. Menurut data empiris, secara nasional porsi swing voters terbesar adalah dari generasi
milenial. Namun, sejatinya swing voters memberikan stimulan optimisme untuk membidiknya sebagai target
konstituen. Salah satu cara masif untuk membentuk citra positif adalah dengan membuat alat peraga kampanye
visual. Namun mencetaknya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terlebih harus mempertimbangkan luasnya
daerah pemilihan. Agar program kampanye lebih efektif dan efisien, penting dilakukan evaluasi efektivitas
alat peraga kampanye berupa baliho dan spanduk. Pengambilan data dilakukan secara purposive survey di
sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Lampung selama tiga bulan. Setelah terhimpun, data dianalisis secara
kuantitatif menggunakan EPIC Model dengan tiga belas indikator. Daftar pertanyaan telah melalui uji validitas
dan reliabilitas dan diskalakan menurut aturan Likert (1-7). Lalu dilakukan tabulasi atas jawaban responden
untuk kemudian dirata-rata serta diaplikasikan dalam diagram EPIC. Hasil perhitungan didapat bahwa dua
dimensi yaitu empathy dan persuasion dengan skor masing masing 3,10 dan 3,21 berada di kriteria sangat tidak
efektif. Dan dua variabel berikutnya yaitu impact dan communication dengan skor masing-masing 3,60 3,75
berada di kriteria tidak efektif. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa tidak efektif beriklan menggunakan alat
peraga kampanye bagi generasi milenial. Penting untuk memerhatikan cohort dan berkaitan dengan desain dan
mengombinasikannya dengan isu terkini yang sedang viral serta lebih aktif menggunakan media sosial.


Keywords


alat peraga kampanye; efektivitas; EPIC model; generasi milenial; pemasaran politik.

References


Ali, H., & Purwandi, L. (2017). Milenial Nusantara. Gramedia Pustaka Utama.

Angkiriwang, D. I., Susanto, K. C., & Thio, S. (2018). Pengaruh Ulasan Online Di Tripadvisor Terhadap Minat Menginap Generasi Milenial Di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(2).

Arbour, B. (2016). Candidate-centered Campaign: Political Messages, Winning Personalities, and Personal Appeals, Springer.

Ardha, B. (2014). Social Media sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 105-120.

Arianto, B. (2015). Kampanye Kreatif dalam Kontestasi Presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 19(1), 16-39.

Armstrong, G., Kotler, P. (2015). Marketing an Introducing. Prentice Hall. 12th Edition, England-Pearson Education, Inc.

Assauri, S., (2011). Manajemen Pemasaran. Cetakan Ke 11. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Belch, George E & Belch, Michael A, (2004), Advertising and Promotion, Sixth Edition, Mc Graw Hill, New York.

Butler, P. (2001). Payment on Delivery-Recognising Constituency Service as Political Marketing. European Journal of Marketing. Vol 35, Issue: 9/10, pp 1026-1037.

Canvas8/Weber Shandwick (2014). The Science of Engagement. An exploration into the true nature of engagement–what it means and what causes it. Grounded in science, not fiction. Retrieved from: http://webershandwick.co.uk/what-we-do/

Fenyapwain, M. M. (2013). Pengaruh Iklan Politik dalam Pemilukada Minahasa Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula di Desa Tounelet Kecamatan Kakas. Jurnal Acta Diurna, 2(1).

Firmanzah, (2008). Komunikasi dan Possitioning Ideologi Politik di Era Demokrasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Firmanzah. (2012). Marketing Politik (Antara Pemahaman dan Realitas). Jakarta: Yayasan Obor Jakarta.

Goggin, G. and Hjorth, L. (2014). Routledge Companion to Mobile Media. Routledge.

Gunawan, A., & Muchardie, B. G. (2015). Pola perilaku pembelian produk apparel untuk balita oleh millennial moms dan implikasinya untuk pemasar kids apparel. Binus Business Review, 6(1), 142-152.

Harsanto, P. W. (2016). Budaya Narsistik Dalam Iklan Pilkada 2015. Imaji, 13(2).

Hasanah, N., Nugroho, L. E., & Nugroho, E. (2015). Analisis Efektivitas Iklan Jejaring Sosial sebagai Media Promosi Menggunakan EPIC Model. Scientific Journal of Informatics, 2(2), 99-109.

Hidayat, N.H.M (2018). Beda Cara Generasi Milenial dalam Politik. Kompas online 17 September 2018.

Hill, S. J. (2017). Changing votes or changing voters? How candidates and election context swing voters and mobilize the base. Electoral Studies, 48, 131-148.

http://www.lampost.co/berita-ada-125-ribu-pemilih-millenial-di-pemilu-2019.html diakses 22/2 jam 22:22

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring, (2018). www.kbbi.kemendikbud.go.id diakses 24/2 jam 13:04

Khumairoh, N. S., & Aida, N. (2018). Analisa Efektifitas Iklan Televisi Partai Perindo Model Epic (Iklan Dengan Aktor Utama Ketua Umum Partai Perindo). Pamator Journal, 11(2).

Kismono, G. (2011). Bisnis Pengantar, Edisi Kedua. Diterbitkan oleh BPFE. Yogyakarta.

Labolo, M., & Ilham, T. (2015). Partai Politik Dan Sistem Pemilihan Umum Di Indonesia. Rajawali Pers.

Lembaga Survei Indonesia. (2008). Kecenderungan Swing Voters Menjelang Pemilu Legislatif 2009: Trend Opini Publik, Jakarta: LSI, 2008.

Malian, S. (2016). Menakar Loyalitas dan Volatilitas Pemilih Pada Pemilu 2004. Unisia, (51), 79-85.

Naufel, A. (2018). Signifikansi Pemilih Milenial. detik.com https://news.detik.com/kolom/d-4209523/signifikansi-pemilih-milenial. diakses pada 23/2, jam 11:56 WIB.

Nielsen, A. (2000). EPIC Dimensions of Advertising Effectiveness. AC Nielsen Ads @work

Noor, F. (2017). Evaluasi Kondisi Kepartaian 14 Tahun Reformasi Dalam Perspektif Pelembagaan Sistem Kepartaian. Masyarakat Indonesia, 38(2), 221-250.

Noviani, F. (2013). Efektivitas Iklan Midtown Hotel Surabaya di Harian Jawa Pos. Jurnal e-Komunikasi, 1(2).

Pancaningrum, E.P., Rahayu, W.A. (2017). The Effectiveness of facebook as an Advertising Strategic Methode Using EPIC: a Case Study of Mie Jupe Jombang. Chinese Business Review, Vol 16, No. 7, pp. 309-315

Pînzaru, F., Vătămănescu, E. M., Mitan, A., Săvulescu, R., Vițelar, A., Noaghea, C., & Bălan, M. (2016). Millennials at work: Investigating the specificity of generation Y versus other generations. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 4(2), 173-192.

Prasetyanti, R. (2017). Generasi Millennial dan Inovasi Jejaring Demokrasi Teman Ahok. Polinter, 3(1).

Prasetyoningsih, N. (2014). Dampak Pemilihan Umum serentak bagi pembangunan demokrasi Indonesia. Media Hukum, 21(2), 23.

Prawoto, S. (2018) Imajinasi Dalam Ruang Politik Nasional. Studi Budaya Nusantara. Vol 2, Iss 2, pp 93-98

Rankin, D. M. (2013). US politics and Generation Y: Engaging the millennials. Lynne Rienner Publishers.

Sabani, N. (2018). Generasi Millenial dan Absurditas Debat Kusir Virtual. Informasi Vol 48 Issue 1, 95-108.

Serrat, O. (2017). New-Age Branding and The Public Sector. Knowledge Solutions pp 375-383. Springer-Singapore.

Shimp, T. (2003). Periklanan Promosi: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid 2 edisi kelima. Erlangga. Jakarta

Speed, R., Butler, P & Collins, N., (2015). Human Branding in Political Marketing; Applying Contemporary Branding Thought to Political parties and Their Leaders. Journal of Political Marketing. 14(1-2), 129-151.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sukriono, D. (2009). Menggagas Sistem Pemilihan Umum Di Indonesia. Konstitusi Jurnal, 2(1), 8.

Sutanto, A. (2018). Pemasaran Politik bagi Pemilih Milenial. Media Indonesia 13 September 2018.

Sutarso, J. (2011). Pendekatan Pemasaran Politik (Political Marketing) Dalam Pemilihan Umum. KomuniTI. Vol III, No 1, 1-9.

Taghizadeh, J. L. (2016). Are Political Parties More Responsive to Advocacy Groups Mobilising Core Voters or Swing Voters? Political Responsiveness to Citizens' Protest Movements in Swedish Local Governments. Scandinavian Political Studies, 39(2), 161-184.

The Asia Foundation (2003). Democracy in Indonesia: A Survey of the Indonesian Electorate 2003. Jakarta: The Asia Foundation.

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Andi Offset, CV. Yogyakarta

Umami, Z. (2015). “Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta”. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi vol 4, no 2 195-201.




DOI: https://doi.org/10.24198/jwp.v4i1.21078

Copyright (c) 2019 Kurnia Perdana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 JWP (Jurnal Wacana Politik) Indexed By:

Google Scholar width=  Bielefeld Academic Search Engine (BASE) WorldCat Indonesia One Search                 

 

 

Published By:

Departement of Political Science
Campus of Faculty of Social and Political Science
Universitas Padjajaran, Building D, 2nd floor
Jl. Raya Sumedang Km.21, Jatinangor, Sumedang

  

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.