E-READINESS DINAS PENATAAN RUANG KOTA BANDUNG DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN KETERANGAN RENCANA KOTA (KRK) ONLINE
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena berubahnya pelayanan pembuatan KRK dari sistem manual menjadi sistem online. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana e-Readiness Dinas Penataan Ruang Kota Bandung dalam penyelenggaraan pelayanan KRK Online. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Indrajit yang terdiri dalam enam faktor e-Readiness, yaitu infrastruktur telekomunikasi, tingkat konektivitas dan penggunaan TI oleh pemerintah, kesiapan SDM di pemerintah, ketersediaan dana dan anggaran, perangkat hukum, dan perubahan paradigma. Selain itu penulis pun menambahkan faktor pandangan masyarakat untuk melihat e-Readiness Dinas Penataan Ruang Kota Bandung. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber informan yang didapatkan di lapangan serta triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa e-Readiness penerapan pelayanan KRK online belum siap yang disebabkan oleh belum terpenuhi nya berbagai faktor. Terlihat dari belum terpenuhi nya infrastruktur telekomunikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan, belum optimalnya tingkat konektivitas dan penggunaan TI oleh pemerintah, dan juga faktor kesiapan SDM di pemerintah yang belum siap. Saran yang diajukan atas permasalahan yang terjadi adalah dilakukannya evaluasi dan analisis beban kerja serta penyesuaian kuantitas SDM di Dinas Penataan Ruang Kota Bandung, melakukan evaluasi kembali untuk memperhatikan kuantitas dan kualitas dari infrastruktur telekomunikasi yang disediakan, serta melakukan kembali sosialisasi mengenai tutorial penggunaan KRK online kepada masyarakat
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
A. Buku
Akadun. Teknologi Informasi Administrasi. Bandung: Alfabeta, 2009.
Cresswell, John W. Research Design. Yogyakarta: SAGE, 2014.
Dwiyanto, Agus. Manajemen Pelayanan Publk : Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2017.
Indrajit. Electronic Government: Konsep Pelayanan Publik Berbasis Internet dan Teknologi Informasi. Aptikom, 2006.
Indrajit, Richardus Eko. Electronic Government in Action : Strategi implementasi di berbagai negara. Yogyakarta: Aptikom, 2007.
Kadir, Abdul, and Terra Triwahyuni. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi, 2003.
Nordfors, Lennart, Bo Ericson, Hemming Lindell, and Jacop Lapidus. eGovernment of Tommorow. Swedish: Vinnona, 2009.
Norris, Donald. Current Issues and Trends in E-Government Research. London: CyberTech Publishing, 2007.
Pusat Kajian Manajemen Pelayanan LAN. Standar Pelayanan Publik. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara, 2009.
Sugandi, Yogi Suprayogi. Administrasi Publik Konsep dan Perkembangan Ilmu di Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
B. Jurnal
Alghamdi, Ibrahim, Robert Goodwin, and Giselle Rampersad. "E-Government Readiness Assessment for Government Organizations in Developing Countries." Research Gate, 2011.
Bannister, Frank. "Defining e-Governance." Research Gate, 2012.
Sabri, Alia. "A Cultural E-Government Readiness Model." Scientific research, 2012: 212-216.
Sirat, Beny Iswaril. "Analisis Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Implementasi Government to Government Electronic Government (G2G E-Gov) di Indonesia." 2013.
Stojanovic, Ljiljana. "Change Management in e-Government: OntoGov Case Study." Electronic Government, 2006: 74-92.
C. Skripsi
Kurniawan, Adi. "Makalah sistem pemerintahan negara amerika serikat." coretansangpemimpi. November 7, 2014. http://coretansang-pemimpi.blogspot.co.id/2014/11/makalah-sistem-pemerintahan-negara_7.html (accessed Mei 14, 2018).
Mulya, Yogy Trio. "Efektivitas Program Berbasis e-Government di UPT Pelayanan Pengaduan Masyarakat Kota Bandung: Studi pada Program LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat)." 2015.
Nurindah, Fifi. "Penerapan E-Government pada Kantor Imigrasi Kelas I Makassar." 2016.
Wicaksono, Tri Wahyu. "Analisis Faktor-faktor Keberhasilan Implementasi e-Government: Studi Kasus Direktorat Jenderal Perhubungan Darat." 2013.
D. Peraturan Perundangan dan Dokumen Lain
Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Tahun 2017
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Tahun 2018
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2014 tentang Rencana Pitalebar Indonesia 2014-2019
Peraturan Walikota Bandung Nomor 1338 Tahun 2017 tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi
Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 1455 Tahun 2018 Tentang Sistem Informasi Pelayanan Tata Ruang Kota
Rencana Kerja Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Tahun 2019
Rencana Strategis Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Tahun 2013 - 2018
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v13i2.28692
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :