Penerimaan Pengguna dengan Technology Acceptance Model pada aplikasi e-Satria (electronic self assessment tax reporting application) Pajak Restoran di Kota Bandung

Trilestari Putri S, Elisa Susanti, Hilman Abdul Halim

Abstrak


 

         The background of this research is to see how e-satria is received by restaurant tax in Bandung City. The Regional Revenue Management Agency issues tax reporting services online, but not yet fully taxpayers have reported online. Based on the observations, the problem is related to the acceptance of e-satria users on restaurant taxes in the city of Bandung. In conducting this research, the writer uses the theory of the technology acceptance model. In this model, to see how users can accept technology, look at the behavior and perceptions of users, namely perceptions of usefulness, perceived ease of use, intention to use, and use of the system. This study uses qualitative research methods. The result of this research is that there is a lack of acceptance of e-satria users (electronic self-assessment tax reporting application) on restaurant taxes in the city of Bandung. This is because aspects have not been met in user acceptance by using the technology acceptance model. Among them, on the aspect of perceived ease where users still have difficulty accessing, some users return to reporting manually.

 

Hal yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini, adalah untuk melihat bagaimana e-satria dapat diterima oleh pajak restoran di Kota Bandung. Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah mengeluarkan pelayanan pelaporan pajak secara online namun belum sepenuhnya wajib pajak melakukan pelaporan secara online. berdasarkan hasil observasi, permasalahan tesebut berkaitan dengan penerimaan pengguna e-satria pada pajak restoran di kota Bandung. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan teori technology acceptance model. Dalam model tersebut untuk melihat bagaimana suatu teknologi dapat diterima oleh pengguna melihat dari perilaku dan persepsi pengguna yaitu presepsi kegunaan, persepsi kemudahan, niat menggunakan, dan penggunaan pada sistem. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat kurang penerimaan pengguna e-satria (electronic self assessment tax reporting application) pada pajak restoran di Kota Bandung. Hal ini dikarenakan terdapat aspek yang belum terpenuhi pada penerimaan pengguna dengan menggunakan technology acceptance model. Diantaranya, pada aspek persepsi kemudahan dimana pengguna masih kesulitan dalam mengaskes, sehingga terdapat pengguna yang kembali melakukan pelaporan secara manual.


Kata Kunci


e-satria, penerimaan pengguna, pajak restoran, persepsi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Creswell. 2016. Research design pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. pustaka pelajar.

Davis, F.D. 1989. Perceived usefulness, Perceived ease of use, and user acceptamce of information technology. Management Information Systems Research Center, University of Minnesota..

Hartono, P. (2000). Sistem informasi keperilakuan. C.V Andi Offset.

Muharam, Riki Satia ; Melawati, F. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Kota Bandung. Jurnal Administrasi publik.

Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 20 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah.

Pratiwi, D. (2018). Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Electronic Self Assessment Tax Reporting Application (e-satria) pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung.

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies. Management Science.

Yuniatin, T. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Berpengaruh dengan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan pada Pegawai di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 154–160




DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v13i1.35034

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :

 Bielefeld Academic Search Engine (BASE)