Efektivitas Program Layanan Transjakarta Cares Bagi Penyandang Disabilitas di DKI Jakarta
Abstrak
This study was conducted to identify the effectiveness of the Transjakarta Cares service program for persons with disabilities in DKI Jakarta to be able to determine the extent to which the Transjakarta Cares service program is able to provide the needs according to the wishes of persons with disabilities. In this study, the author uses the theory issued by Edy Sutrisno which measures the effectiveness of the program with five aspects, namely understanding the program, being on target, being on time, achieving goals, and real change. Then the researchers in this study used qualitative methods to be able to explain in detail the effectiveness of the Transjakarta Cares service program. According the results of the research that researchers have done, it can be seen that the Transjakarta Cares service program for persons with disabilities in DKI Jakarta has not been effective. This is reviewed through five aspects that are considered to have not been able to be fulfilled to the maximum. From the aspect of understanding the program, it can be assessed that not all parties have a good understanding of the Transjakarta Cares program, the timely aspect that has not been carried out according to the procedure, and the aspect of achieving the goals that have not been achieved. Because of this, the Transjakarta Cares service program is considered ineffective and requires program evaluation to be able to improve the service program provided to persons with disabilities.
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi terkait dengan efektivitas dari program layanan Transjakarta Cares bagi penyandang disabilitas di DKI Jakarta untuk dapat mengetahui sejauh mana program layanan Transjakarta Cares mampu memberikan kebutuhan yang sesuai dengan keinginan dari penyandang disabilitas. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori yang dikeluarkan oleh Edy Sutrisno yang mengukur efektivitas program dengan lima aspek yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Kemudian peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk dapat menjelaskan secara rinci terkait efektivitas dari program layanan Transjakarta Cares. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat diketahui bahwasanya program layanan Transjakarta Cares bagi penyandang disabilitas di DKI Jakarta belum efektif. Hal ini ditinjau melalui lima aspek yang dinilai belum mampu terpenuhi dengan maksimal. Dari aspek pemahaman program yang dapat dinilai belum semua pihak memhami dengan baik program Transjakarta Cares, aspek tepat waktu yang belum sesuai prosedur, serta aspek tercapainya tujuan yang belum tercapai. Oleh karena ini hal ini membuat program layanan Transjakarta Cares dinilai belum efektif dan membutuhkan evaluasi program untuk dapat meningkatkan program layanan yang diberikan kepada penyandang disabilitas.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Sellang, K. (2019). ADMINISTRASI DAN
PELAYANAN PUBLIK Antara Teori dan Aplikasinya. Akmen, February, 1–229. https://www.mendeley.com/viewer/?fileId=349a0a da-0d19-cc5f-2776- e90886da1735&documentId=e4a8153f-e14a-3a02- a647-dfbbb59f5582Cochran et al. 2012. American Public Policy: An Introduction. Wardsworth.
Sutrisno, H. E. (2018). Budaya Organisasi. Prenada Media
Salim & Sahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.pdf (pp. 1–202).
Erna Setijaningrum. (2009). Inovasi Pelayanan Publik.
Jurnal Pelayanan Publik, 1–160.
Utami, U. D. N. (2019). EFEKTIVITAS PROGRAM MESIN PARKIR ELEKTRONIK DI KOTA
BANDUNG (Studi Pada Jalan Leuwi Panjang) (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).
Rini, D. K., Nurmalisa, Y., & Mentari, A. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Program Bantuan Pendidikan. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(2).
Rini, A. (2018). Efektivitas Program Peningkatan Produksi hasil Peternakan di Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 5(3), 1–14.
Aprillita, D. (2019). Efektivitas Program “PERPUSERU” Dalam Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau. 1–109.
Zakiyah, U. & Fadiyah, D. (2020). Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Ramah Disabilitas Di DKI Jakarta. Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 11, 29–36.
Irviani, E. & Wijayanto, H. (2020). IMPLEMENTASI LAYANAN PUBLIK TRANSJAKARTA CARES DALAM MENINGKATKAN AKSESIBILITAS PENYANDANG DISABILITAS DI WILAYAH PROVINSI DKI JAKARTA. IJPA - The Indonesian
Journal of Public Administration, 6, 12–26.
Propiona, J. K. (2021). IMPLEMENTASI AKSESIBILITAS FASILITAS PUBLIK BAGI
PENYANDANG DISABILITAS. Jurnal Analisa Sosiologi, 10, 1–18.
Ferry Firdaus, F. I. (2010). Aksesibilitas dalam Pelayanan Publik untuk Masyarakat dengan Kebutuhan Khusus. Jurnal Borneo Administrator, 6(3), 9–10.
Ghani, A. S. (2017). ANALISIS IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DALAM TRANSPORTASI UMUM RAMAH DISABILITAS DI JAKARTA 2016
(TRANSJAKARTA CARES). Universitas Brawijaya.
Wijaya, A. T., & Nurhajati, L. (2018). Implementasi CRPD dalam aspek aksesibilitas. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(2), 181–208.
Kusmawati, Y. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN TRANSJAKARTA CARES BAGI PENUMPANG PENYANDANG DISABILITAS DI PT. TRANSPORTASI JAKARTA (Doctoral
dissertation).
Priyono, M. (2019). Efektivitas Sistem Pelayanan Malang Online (SINGO) Berbasis E-Government di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Pertiwi, M., & Nurcahyanto, H. (2011). Efektivitas Program BPJS Kesehatan Di Kota Semarang. E Journal 3 Undip, 1–14.
Propiona, J. K. (2021). Implementasi Asksesibilitas Fasilitas Publik Penyandang Disabilitas. Jurnal Analisa Sosiologi, 18.
Menuju Jakarta sebagai Kota Inklusif yang Memperdayakan Penyandang Disabilitas. (2019).
DISHUB DKI Jakarta. (2011). Pengembangan Sistem Transportasi Jakarta Yang Terintegrasi Dan Berkualitas Untuk Mewujudkan Efisiensi Energi. http://iesr.or.id/files/Pemprov DKI Jakarta.pdf
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Rahayu, P. (2019). EFEKTIVITAS PROGRAM PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA MISKIN (PROPENDAKIN) DI DESA SEREN, KECAMATAN GEBANG,
KABUPATEN PURWOREJO. Universitas Tidar. Hudiono, A. (2018). EFEKTIVITAS PROGRAM
BUMDESA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA (Studi Kasus
Bumdesa Arto Doyo Desa Samudra Kulon, Kecamatan Gumelar, Banyumas). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–50.
Nugraha, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. In `. http://e- journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.u ntan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/1 0753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.0 4.758%0Awww.iosrjournals.org
Nuraida. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. The World of Public Administration Journal, 1(2), 148–165. https://doi.org/10.37950/paj.vi.741
Sogiri, R. A. (2017). Efektivitas Program Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza di (BRSPP) Balai Rehabilitasi Sosial Pamardhi Putra Lembang Kabupaten Bandung Barat. Universitas Padjadjaran.
DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v14i1.41277
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :
 



 
  
   
 

