IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM SATU ARAH PADA KAWASAN SUKAJADI DALAM MENGURAI KEMACETAN OLEH DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDUNG
Abstrak
This study explains how to implement a one-way system program in breaking down traffic jams in the Sukajadi area of Bandung City. The implementation of this one-way system program is motivated by the problem of increasing levels of congestion in the Sukajadi area, which is a fairly congested road that is passed by the community of road users. Therefore, government action is needed to address the issue of congestion in the Sukajadi area through this one-way system program. The purpose of this study is to understand how the implementation of the one-way system program in the Sukajadi Area by the Bandung City Transportation Service in breaking down congestion and managing safe, comfortable and orderly traffic flow for the community. The research method used by the author is a qualitative approach. The results showed that the implementation of a one-way system program by the Bandung City Transportation and Polrestabes Service was still not in accordance with the principles of existing program implementation because the dimensions of bureaucratic professionalism, public awareness and community response to the program had not been fulfilled. From the professionalism dimension, bureaucrats are still lacking in conducting socialization so that the dissemination of information about the program is not evenly distributed. Also, it is still fixated on the procedures contained in the Minister of Transportation Regulation Number 96 of 2015 concerning Traffic Management and Engineering Guidelines which makes implementers inflexible in taking action in program implementation.
Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana implementasi program sistem satu arah dalam mengurai kemacetan di Kawasan Sukajadi Kota Bandung. Penerapan program sistem satu arah ini dilatarbelakangi dari permasalahan tingkat kemacetan yang semakin tinggi di Kawasan Sukajadi yang merupakan ruas jalan cukup padat yang dilewati masyarakat pengguna jalan. Maka dari itu, diperlukan tindakan Pemerintah dalam mengatasi isu kemacetan di Kawasan Sukajadi melalui program sistem satu arah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pelaksanaan penerapan program sistem satu arah pada Kawasan Sukajadi oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam mengurai kemacetan dan mengatur alur lalu lintas yang aman, nyaman, dan tertib untuk masyarakat. Metode penelitian yang digunakan oleh Penulis adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program sistem satu arah oleh Dinas Perhubungan dan Polrestabes Kota Bandung masih belum sesuai dengan prinsip implementasi program yang ada karena masih belum terpenuhinya dimensi profesionalisme birokrat, kesadaran masyarakat serta respond an tanggapan masyarakat atas program. Dari dimensi profesionalisme birokrat masih kurang dalam melakukan sosialisasi sehingga penyebaran informasi mengenai program tidak merata. Serta, masih terpaku pada prosedur yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas yang membuat implementor tidak fleksibel dalam mengambil tindakan dalam pelaksanaan program.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anderson, J. E. (1979). Public Policy-Making (Second
Edition ed.). New York: Rinehart, Winston.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan, Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Homburger, S. W. (1980). Fundamental Of Traffic
Engineering. USA: University of California, Berkeley.
Hoogerwerf. (1983). Ilmu Pemerintahan. Jakarta:
Erlangga.
Moelong, J. L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.
Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya. Nugroho, R. (2014). Public Policy
Theory, Manajemen, Dinamika, Analisis Konvergensi, dan Kimia Kebijakan. Jakarta: PT. Elex Komputindo.
Pamudji, S. (1989). Ekologi Administrasi Negara.
Jakarta: Bina Aksara.
Pujiono, A. (2014). Manajemen Lalu Lintas oleh
Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta dalam Menangani Kemacetan Lalu Lintas Kota
Surakarta.
Siswanto, T. (2019). Implementasi Kebijakan
Penanggulangan Kemacetan di Kota Bandung (Studi Kasus di Dinas Perhubungan Kota Bandung).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV
Alfabeta. Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan
Publik. Bandung: AIPI Bandung.
Thoha, M. (2010). Ilmu Administrasi Publik
Kontemporer. Jakarta: Kencana.
Winarno, B. (2012). Kebijakan Publik (Teori, Praktek,
dan Studi Kasus). Jakarta: CAPS.
Winter, S. C. (2006). Implementation, Handbook of
Public Policy. London: SAGE.
DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v14i2.45062
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :
 



 
  
   
 

