KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN KTP ELEKTRONIK (e-KTP) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUNINGAN

Anisa Tarliyah, Dedi Sukarno, Imanudin Kudus

Abstrak


This research illustrate the Service Quality for Issuing Electronic KTP (e-KTP) at the Kuningan Regency Population and Civil Registration Service. The background in this quality of the service for issuing e-KTP which is considered to be of high quality, but the existence of the Covid-19 pandemic has made procedures in public services also change. With changes to public service procedures, it will certainly affect the quality of service. The purpose of this study is to determine the factors that can drive the quality of e-KTP issuance services. Data collection techniques in this study by distributing questionnaires filled out by 90 respondents. The results of this study indicate that all factors can be considered to influence service quality, where the factors considered the strongest are Citizen Influence, Fairness and Personal Attention. Where Disdukcapil Kuningan will be of higher quality if it is able to respond well to the community by paying attention to these factors.

 

Penelitian ini menggambarkan mengenai Kualitas Pelayanan Penerbitan KTP Elektronik (e-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kualitas pelayanan penerbitan e-KTP yang dinilai berkualitas namun adanya pandemi covid-19 membuat prosedur dalam pelayanan publik juga mengalami perubahan. Dengan adanya perubahan pada prosedur pelayanan publik tersebut tentunya akan mempengaruhi kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mampu mendorong kualitas pelayanan penerbitan e-KTP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebar kuesioner yang diisi oleh 90 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keseluruhan faktor mampu dianggap mempengaruhi kualitas pelayanan, dimana faktor yang dianggap paling kuat adalah Citizen Influence, Fairness dan Personal Attention. Dimana Disdukcapil Kuningan akan semakin berkualitas apabila mampu merespon masyarakat secara baik dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut.

 


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan, Penerbitan e-KTP, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kuning.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Prima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Budiastuti, Dyah, and Agustinus Bandur. 2018. VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN (Dengan Analisis Dengan NVIVO, SPSS Dan AMOS). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). CA: Sage.

Denhardt, Janet, and Robert Denhardt. 2003. The New Public Service: Serving Not Steering. Expanded E. London: England: M.E. Sharpe.

Dwiyanto, A. (2008). Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press.

Harbani, P. (2013). Kepemimpinan Birokrasi. CV. Alfabeta.

Hardiani, Aulya, H. N., Andriani, H., & Fardani, R. A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP STIM YKPN.

Maulidiah, S. (2014). Pelayanan Publik Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). CV. Indra Prahasta.

Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara.

Sinambela. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Airlangga.

Sinambela, Lijan Poltak. 2011. Reformasi Pelayanan Publik, Teori Kebijakan Dan Implementasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (Cetakan ke). ALFABETA.

Sedarmayanti. (2010). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. CV Mandar Maju.

Tangkilisan, Hessel Nogi. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: GRASINDO.

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa (Edisi Pert). Andi Offset.

Asri, B. (2020). Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Pada Era Covidǧ19 Di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat. Jurnal Visioner, 12(4), 695–712.

Brady, M. ., & J, C. (2001). Some New Thoughts on Conceptualizing Perceived Servive Quality: A Hierarchical Approach. Journal of Marketing, 65, 34–49.

Dimyati, A., Togatorop, D. R., & Meilinda, S. D. (2020). Pelayanan E-KTP Di Masa Pandemi Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung. Journal Wacana Publik, 14(01), 57–86.

Firmansyah; Aditya Cholif, and Brillian Rosy. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pembuatan E-KTP Di Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan).” Journal of Ofice Administration: Education and

Practice 1(2).

Lubis, Andika Azis. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayana Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Medan.” Jurnal Administrasi Publik 2(4).

Okani, Desi Ami, Bahri Kamal, and Dewi Kartika. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Tegalsari.” Jurnal Administrasi Publik 2(2).

Zahari, A. F., Septiana, A. R., & Fait, T. (2021). Pelayanan Ktp Elektronik Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Baubau. Journal Publicuho, 4(1), 39–50.

Disdukcapil. (2020). SIPANDUK (Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan). Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil. https://disdukcapil.kuningankab.go.id/inovasi-sipanduk_sistem_informasi_pelayanan_administrasi_kependudukan

Disdukcapil Kuningan. (2020). Pelayanan Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El). Disdukcapil Kuningan.

Undang-Undang Nomor 25 Pasal 19 Tahun 2019 tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Permendagri Nomor 19 Pasal 3 Ayat 2 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Standar Pelayanan Publik.

Peraturan Bupati Kuningan Nomor 64 Tahun 2012 tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Kuningan.

Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Kuningan Tahun 2020.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Kuningan Tahun 2020.

Rencana Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kuningan 2021.




DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v14i2.45066

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :

 Bielefeld Academic Search Engine (BASE)