EFEKTIVITAS E-GOVERNMENT PADA APLIKASI ELEKTRONIK REMUNERASI KINERJA (E-RK) DI PEMERINTAHAN KOTA BANDUNG

Nabilah Nuur Anisah, Mas Halimah, Bonti Bonti

Abstrak


This research is based on higher levels of society towards government performance. The Bandung City Government is using current developments in information and communication technology to improve government performance. Therefore, the City of Bandung Government uses information and communication technology in the system to assess employee performance by creating e-RK (Electronic Performance Remuneration) applications. However, in the implementation, the results of the performance approval for 1 year of work are not recorded by the e-RK application. Required between objectives and implementation. In addition, there were deviations in the activities estimated through the e-RK application. The theory used in this study is the theory of Gil Garcia and Theresa (2005) about the critical factors for the success of e-government. Obtained 5 (five) critical success factors of e-government reviewed in this study, which are expected to be data and information, information technology, managerial and organization, legality and regulations and institutions and the environment. This study used qualitative research methods. The results of this study indicate that the application of e-RK applied to the Bandung City Government has not been affective. This is evidenced by the lack of feedback from users to improve the quality of e-government in the e-RK application, the software used in the e-RK application has not been well developed, the security system used in e-RK applications cannot yet be used for data and information security contained in the e-RK application, the organizers do not have competencies in accordance with their fields, socialization conducted by Bandung City BKPP for users is not maximized, does not pay attention to human resource development plans in accordance with needs, communication and coordination that has been implemented optimally.

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya tuntutan dari masyarakat terhadap kinerja pegawai pemerintah. Pemerintah Kota Bandung menggunakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini untuk dapat memperbaiki suatu kinerja dari pegawai pemerintah. Maka dari itu Pemerintah Kota Bandung memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem penilaian kinerja pegawai yaitu dengan membuat aplikasi e-RK (Elektronik Remunerasi Kinerja). Namun dalam pelaksanaannya, hasil capaian penilaian kinerja selama 1 tahun kerja tidak terekam oleh aplikasi e-RK. Terdapat kesenjangan antara tujuan dengan pelaksanaannya. Selain itu, terjadi penyimpangan dalam kegiatan penilaian kinerja melalui aplikasi e-RK. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Gil Garcia dan Theresa (2005) mengenai faktor kritis kesuksesan e-government. Terdapat 5 (lima) faktor kritis kesuksesan e-government yang dikaji dalam penelitian ini, diantaranya adalah data dan informasi, teknologi informasi, manajerial dan organisasi, legalitas dan peraturan dan instansi dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi e-RK yang diterapkan pada Pemerintah Kota Bandung belum berjalan dengan efektif. Hal ini dibuktikan dari tidak adanya masukan dari pengguna guna meningkatkan mutu e-government pada aplikasi e-RK, perangkat lunak yang digunakan pada aplikasi e-RK belum dikembangkan dengan baik, sistem keamanan yang digunakan pada aplikasi e-RK belum dapat menjagakeamanan data dan informasi yang ada pada aplikasi e-RK, pihak pengelola belum memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya, sosialisasi yang dilakukan BKPP Kota Bandung kepada pengguna belum maksimal, tidak memperhatikan rencana pengembangan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan, komunikasi dan koordinasi yang terjalin belum dilaksanakan dengan optimal.


Kata Kunci


Efektivitas, E-Government, Aplikasi E-RK, BKPP Kota Bandung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Anggadwita, G., & Dhewanto, W. (2013). Service Innovation

in Public Sector: A Case Study on PT. Kereta Api

Indoneia. Conference Paper.

Darmawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya ..

Suwarno, & Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta : STIA-LAN Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Perundang-Undangan dan Dokumen lainnya

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Peraturan Walikota Bandung Nomor 126 Tahun 2018 tentang Penilaian Kinerja Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan

Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Jurnal

Brucher, H. L. 2003. Change Management in e-Government. Fachzeitschrift des CC eGov der Berner. FH: 11-1.

Chen, A. N. & Chen, Y. 2009. Critical Success Factors On E-Government Application-Form The View Of Government Workers In Guangdong. The 9th International Conference on Electronic Bussiness.

Gil Garcia, J. R., & Pardo, T. A. 2005. E-Government Success Factors: Mapping Practical Tools To Theoritical Foundations. Government Information Quartely 22, (187-216).

Wimastuti, Nina. 2016. Efektivitas Penerapan Sistem E-Performance Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik Vol 4 No 1 Januari-April ISSN 2303-341X

Waduge, L. 2009. A Framework For Evaluating The Effectiveness Of E-Government Initiatives.

Zhou, H. 2001. Global Perspective on E-Government.

Zimmermann, P. & Finger, M. 2005. Information and Communication Technology (ICT) and Local Power Relationship: An Impact Assessment.

Skripsi

Alfisyahrin. 2014. Efektivitas E- Government Pada Aplikasi Kios 3 In 1 Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Dalam Negeri (BBPLKDN) Bandung. Universitas Padjadjaran.

Aditya. 2018. Sistem Informasi Pelayanan Akta Kelahiran Secara Elektronik Di Kota Bandung. Universitas Padjadjaran.




DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v14i2.45191

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :

 Bielefeld Academic Search Engine (BASE)