PERUBAHAN ORGANISASI PADA KANTOR PELAYANAN PENYULUHAN DAN KONSULTASI PERPAJAKAN (KP2KP) KOTA BANJAR
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan bagaimana kesiapan KP2KP dalam melakukan perubahan organisasi yang terjadi dan upaya yang dilakukan untuk tetap memberikan pelayanan yang baik. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Maka dari itu, untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis melakukan observasi dan wawancara dengan pegawai KP2KP Kota Banjar. Dimana teori yang digunakan sebagai rujukan penelitian yaitu oleh Porras dan Robertson dalam (Struckman & Yammarino, 2003). teori ini terdapat 9 faktor yaitu communication, culture, technology, leadership, management, organizational structure, performance management, strategy, skill. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa dari ke Sembilan faktor, ada beberapa faktor yang belum optimal namun dalam tahap perkembangan yaitu technology yang hanya sebagian layanan dapat dilakukan secara online, performance management sebagai upaya untuk lebih menarik wajib pajak dan wajib pajak kecil dilakukan penyuluhan langsung secara rutin. Dan ditemukan bahwa SDM masih dibawah rata-rata yang diharapkan untuk perubahan menjadi KPP Mikro dan cakupan wilayah yang masih kecil. Maka, dapat disimpulkan bahwa seluruh faktor dapat mempengaruhi perubahan organisasi.
The purpose of this research that is for explain how KP2KP readiness in make changes organization that occurred and the efforts made for still give good service. On research this, author use method study with approach qualitative. So from it, for obtain the required data writer do observation and interview with Banjar City KP2KP employee. Where is the theory used as reference study namely by Porras and Robertson in (Struckman & Yammarino, 2003). theory This there are 9 factors that is communication, culture, technology, leadership, management, organizational structure, performance management, strategy, skills. Result of study This explain that from to the nine factors, there is a number of factors that are not yet optimal however in stage development that is technology that only part service can done in a manner online, performance management as effort for more collect must tax and mandatory tax small done counseling direct in a manner routine. And found that human resource still is below the expected average for change become a KPP Micro and the coverage area is still small.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku
Cummings, Thomas G. and Christopher G. Worley. 2015. Organization Development & Change.
x. edited by E. Joyner and M. Schenk. USA: Cengage Learning.
Creswell, john W. 2009. Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methodes Approaches. III. California: Thousand Oaks.
Hardiyansyah. 2017. Manajemen Pelayanan Dan Pengembangan Organisasi Publik. I. Yogyakarta: Gava Media.
Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. xvi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hellriegel, Don and John W. Slocum. 2011.
Organizational Behavior. xiii. edited by J. W. Calhoun and M. Acufia. USA: Cengage Learning.
Hubeis, Musa and Mukhamad Najib. 2014. Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Mardiasmo. (2018). Perpajakan (XIX; Maya, ed.).
Yogyakarta: ANDI.
Robbins, Stephen P. 1994. Teori Organisasi: Struktur, Desain, Dan Aplikasi. xx. edited by
J. Udaya. Jakarta: Arcan.
Siagian, Sondang P. 2019. Teori Pengembangan Organisasi. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. I. edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta.
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. 3rd ed. edited by A. Gunarsa. Bandung: P.T Refika Aditama.
Sumaryana, Asep, Heru Nurasa, and Dedi Sukarno. 2020. Pendekatan Penelitian, Desain Penelitian, Dan Metode Penelitian. II. Jatinangor: UNPAD.
Winardi. 2006. Manajemen Perubahan (The Manajemen Of Change. Jakarta: Kencana.
Jurnal
Armenakis, A. A., Harris, S. G., & Mossholder, K.
W. (1993). Creating Readiness for Organizational Change. Human Relations, 46(6),681–703. https://doi.org/10.1177/001872679304600601
Candradewini, C. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Kemitraan Dalam Pengembangan Kawasan Agrowisata Cihideung Bandung Barat – Jawa Barat. AdBispreneur,6(1),67. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i1.32 469
Hardiyansyah, Hardiyansyah and A. Sumantri. 2019. “Analisis Pengembangan Organisasi Pelayanan Publik Melalui Proses Diagnosa Dan Intervensi.” Jurnal Ilmiah Administrasi Publik 5(1):42–49.
https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2019.005.01. 6
Masruri, Fahrul Alam. 2018. “Pengaruh Reformasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Sumedang).” Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi 4(2):1123–1136.
https://doi.org/10.33197/jabe.vol4.iss2.2018.1 85
Poluakan, F. A. (2016). Pengaruh Perubahan Dan Pengembangan Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Sinar Galesong Prima Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(4), 1057–1067.
Rachdianti, F. T. (2016). Pengaruh Penggunaan E- Tax Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Terdaftar di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang). Jurnal Perpajakan.11(1), 1–7.
Reichard, Rebecca J. and Stefanie K. Johnson. 2011. “Leader Self-Development as Organizational Strategy.” Leadership Quarterly 22(1):33–42.
Schriber, Svante and Jan Löwstedt. 2015. “Tangible Resources and the Development of Organizational Capabilities.” Scandinavian Journal of Management 31(1):54–68.
Seliverstov, Svyatoslav, Yaroslav Seliverstov, Bogdan Gavkalyk, and Shakeeb Fahmi. 2020. “Development of Transport Infrastructure Organization Model for Modern Cities with Growing Effectiveness.” Transportation Research Procedia 50(2019):614–25.
Sudiartini, P., Yuniarta, G. A., & Kurniawan, P. S. (2017). Pengaruh Reformasi Administrasi Perpajakan, Sikap Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gianyar. 1.
Struckman, C. K., & Yammarino, F. J. (2003). Organizational change: A categorization scheme and response model with readiness factors. Research in Organizational Change and Development, 14, 1–50. https://doi.org/10.1016/s0897-
(03)14079-7
Dokumen
Laporan Tahunan 2017 Menteri Keuangan Republik Indonesia
Laporan Tahunan 2018 Menteri Keuangan Republik Indonesia
Laporan Tahunan 2019 Menteri Keuangan Republik Indonesia
Laporan Tahunan 2020 Menteri Keuangan Republik Indonesia.
Sumber lainnya
Natrifahrizal, D. (2015). Perubahan Organisasi Badan Pengelola Menjadi Badan Layanan Umum. Universitas Padjadjaran.
Nagoro, M.W. 2018. “Sembilan KPP Mikro Baru Siap Jangkau Wajib Pajak Lebih Luas”. Dalam djp, 23 Oktober 2018. Jakarta.
Karnadi, Alif. 2022. “Jumlah Wajib Pajak Tumbuh 7,42% pada 2021”. Dalam DataIndonesia, 5
Januari 2022. Jakarta https://dataindonesia.id/bursa- keuangan/detail/jumlah-wajib-pajak-tumbuh- 742-pada-2021
Hariani, Aprilia. 2021. “WP Terdaftar Naik 20 Kali Lipat di 20 Tahun Terakhir”. Dalam Pajak.com, 28 Juni 2021. Jakaarta https://www.pajak.com/pajak/wp-terdaftar- naik-20-kali-lipat-di-20-tahun-terakhir/
Suyanto, Suryani. 2019. “Pemerintah Melanjutkan Penyisiran Wajib Pajak yang Belum Terdaftar”. Dalam Kontan.co.id, 10 Juli 2019. Jakarta https://www.ssas.co.id/pemerintah- melanjutkan-penyisiran-wajib-pajak-yang- belum-terdaftar/
Khairizka, Putri N. 2022. “Realisasi Pelaporan SPT Tahunan OP Sudah 10.7 Juta”. Dalam Pajakku, Februari 2022. Jakarta https://www.pajakku.com/read/6245621aa9ea 8709cb189a22/Update:-Realisasi-Pelaporan- SPT-Tahunan-OP-Sudah-107-Juta
DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v15i1.48842
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :
 



 
  
   
 

