SOSIALISASI INFORMASI KECELAKAAN LALU LINTAS OLEH JASA RAHARJA DAN PEMERINTAH DI PT VONEX

Tetra Veronika Siregar, Rudiana Rudiana, Ufa Anita Afrilia

Abstrak


Angka kecelakaan lalu lintas di Provinsi Jawa Barat masih tergolong tinggi, sementara pemahaman masyarakat terhadap prosedur klaim santunan kecelakaan lalu lintas masih rendah. Padahal, pemerintah melalui PT Jasa Raharja telah menyediakan jaminan asuransi untuk korban kecelakaan. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi informasi mengenai layanan ini menjadi penting untuk meningkatkan pemahaman serta kesadaran akan keselamatan berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, hambatan, dan upaya penyelesaian dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh PT Jasa Raharja bekerja sama dengan instansi pemerintah di lingkungan PT Vonex Indonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi dilaksanakan melalui presentasi dan diskusi yang melibatkan Jasa Raharja, kepolisian, dan dinas perhubungan. Kegiatan ini meningkatkan pemahaman karyawan terkait hak atas santunan dan prosedur klaim. Kendala yang muncul antara lain keterbatasan waktu, kurangnya alat bantu, dan lemahnya koordinasi antarinstansi. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penyusunan materi yang ringkas, penggunaan media sederhana, serta sesi tanya jawab. Sosialisasi ini dinilai efektif dan disarankan untuk ditingkatkan melalui media yang lebih interaktif dan koordinasi awal yang lebih matang.

 

The number of traffic accidents in West Java Province is still relatively high, while public understanding of traffic accident compensation claim procedures is still low. In fact, the government through PT Jasa Raharja has provided insurance coverage for accident victims. Therefore, information dissemination activities regarding this service are important to increase understanding and awareness of safe driving. This study aims to determine the implementation, obstacles, and resolution efforts in socialization activities carried out by PT Jasa Raharja in collaboration with government agencies within PT Vonex Indonesia. The method used is descriptive qualitative with data collection techniques through interviews, observations, and document studies. The results showed that socialization was carried out through presentations and discussions involving Jasa Raharja, the police, and the transportation department. This activity increased employees' understanding of their rights to compensation and claim procedures. Obstacles that arose included time constraints, lack of tools, and weak coordination between agencies. To overcome these obstacles, concise materials were prepared, simple media were used, and question and answer sessions were conducted. This socialization was considered effective and recommended to be improved through more interactive media and more thorough initial coordination.


Kata Kunci


Sosialisasi, Kecelakaan Lalu Lintas, PT Jasa Raharja, Santunan, Informasi Publik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam, A. F., Enala, S. H., Kontu, F., & Prasetya, M. N. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Peningkatan Partisipasi Politik dan Kebijakan Publik. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 165-172.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2022). Statistik Transportasi Provinsi Jawa Barat 2022. Retrieved from BPS Provinsi Jawa Barat: https://jabar.bps.go.id/id/publication/2023/12/29/19412be4f348a0e384e498b4/statistik-transportasi-provinsi-jawa-barat-2022.html

Elyas, A. H., Iskandar, E., & Suardi, S. (2020). Inovasi model sosialisasi peran serta masyarakat kecamatan hamparan perak dalam pemilu. Warta Dharmawangsa, 14(1).

Khairunnisa, K., & Rokan, M. K. (2021). Strategi Sosialisasi Tabungan Easy Wadiah Pada Bank Syariah Indonesia Kc Lubuk Pakam. PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e-ISSN: 2797-0469), 1(04), 109-119.

Lani, O. P., & Handayani, B. (2021). Peranan humas pemerintahan (government public relations) dalam menciptakan reputasi pemerintahan yang baik. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 130-140.

Mucharam, A. (2022). Membangun Komunikasi publik yang efektif. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(1), 71-82.

Permatasari, D. A., Almatin, I. N. M., & Sholihah, W. (2021). Peran Hubungan Masyarakat (Humas) dalam Pengelolaan Layanan Informasi E-Government di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(1), 69-82.

Ramadani, T. (2021). 4 Peran Humas Pemerintah Sektor Energi. Retrieved from Kumparan.Com: https://kumparan.com/thoriqramadani/4-peran-humas-pemerintah-sektor-energi1vQpPZ6V0ii/full

Rosmala, R., Yodiansyah, H., Dewi, S. A. E., Kurniadi, D., & Theo, I. (2025). Peran Humas Pemerintah Membangun Citra Positif:(Analisis Kasus Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2024). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 10(1), 259-276.

Silvy, F. A., Sukristyanto, A., & Basyar, M. R. (2024). Implementasi Kebijakan Pembebasan Lahan untuk Pembangunan Jalur Luar Lingkar Barat di Kota Surabaya. PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e-ISSN: 2797-0469), 4(05), 166-178.

Sulung, U., & Muspawi, M. (2024). Memahami sumber data penelitian: Primer, sekunder, dan tersier. Edu Research, 5(3), 110-116.

Syahriza, R. (2022). Peran Serta Humas PT. Jasa Raharja Perwakilan Medan Dalam Mensosialisasikan Layanan Asuransi Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan Dan Penumpang Umum Kepada Masyarakat Kota Medan. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(1), 20-26.

Wahyono, T., & Aditia, R. (2022). Unsur-Unsur Komunikasi Pelayanan Publik (Sebuah Tinjauan Literatur). Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(4), 489-494.




DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v17i1.64528

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :

 Bielefeld Academic Search Engine (BASE)