ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PROGRAM INTEGRATED FARMING KETAPANG PT PERTAMINA PATRA NIAGA INTEGRATED TERMINAL TANJUNG WANGI
Abstrak
Program Integrated Farming Ketapang merupakan bagian dari implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Tanjung Wangi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi berbasis pertanian terpadu. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kepuasan masyarakat penerima manfaat terhadap pelaksanaan program dengan menggunakan pendekatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penilaian dilakukan terhadap lima aspek utama, yaitu perencanaan, pendanaan, pendampingan, pelaksanaan, dan keberlanjutan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai IKM berada pada kategori sangat baik dengan skor 3,84 atau konversi 96,14%. Aspek pendanaan dan pendampingan memperoleh nilai tertinggi, sementara aspek keberlanjutan menunjukkan perlunya peningkatan akses kemitraan pemasaran. Secara keseluruhan, program ini dinilai efektif, partisipatif, dan berkelanjutan dalam meningkatkan kapasitas serta kesejahteraan masyarakat. Program Integrated Farming Ketapang direkomendasikan sebagai model praktik terbaik dalam pelaksanaan program TJSL berbasis pemberdayaan masyarakat.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bappenas. (2020). Pedoman Implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Jakarta: Kementerian PPN/Bappenas.
Carroll, A. B. (1991). The Pyramid of Corporate Social Responsibility: Toward the Moral Management of Organizational Stakeholders. Business Horizons, 34(4), 39–48.
Chambers, R. (1997). Whose Reality Counts? Putting the First Last. London: Intermediate Technology Publications.
Detik.com. (2018). Lebaran, distribusi BBM di Tanjung Wangi tetap beroperasi. Diakses dari https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4065760
DetikFinance. (2016). Pertamina siapkan tangki avtur di Banyuwangi. Diakses dari https://finance.detik.com/energi/d-3368521
FAO. (2018). Integrated Farming Systems for Sustainable Agriculture and Rural Development. Rome: Food and Agriculture Organization of the United Nations.
Hardiansyah. (2018). Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Ife, J. (2013). Community Development in an Uncertain World: Vision, Analysis and Practice. Cambridge: Cambridge University Press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Pertamina Patra Niaga. (2024). Profil dan operasi subholding commercial & trading. Diakses dari https://patraniaga.pertamina.com
Pertamina. (2024). Spesifikasi pelabuhan Tanjung Wangi. Diakses dari https://www.pertamina.com/id/spesifikasi-pelabuhan
Porter, M. E., & Kramer, M. R. (2011). Creating Shared Value. Harvard Business Review, 89(1/2), 62–77.
Pretty, J. (2018). Sustainable Intensification of Agriculture. Earthscan, Routledge.
Purwanto, A., & Suparno, B. (2022). Community Satisfaction on Corporate Social Responsibility Programs in Energy Sector Companies. Journal of Social Responsibility, 18(3), 141–158.
Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Republik Indonesia. (2012). Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU Pelayanan Publik.
Rosalina, D., & Sudarmiatin. (2021). Pengaruh Pelaksanaan CSR terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Masyarakat Sekitar Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 21(2), 102–115.
Sari, R., & Arifin, M. (2020). Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Publik. Jurnal Administrasi Publik, 8(1), 45–56.
Singh, R., Singh, G. S., & Rao, M. (2011). Integrated Farming Systems: A Review. Agricultural Reviews, 32(3), 157–167.
UNEP. (2022). Triple Planetary Crisis: Climate Change, Pollution, and Biodiversity Loss. Geneva: United Nations Environment Programme.
Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1996). The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of Marketing, 60(2), 31–46.
DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v17i1.67315
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :