ANALISIS KUALITAS PELAYANAN POSYANDU BOUGENVILE DESA SUKOREJO KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI

Mufidatul Laila Mufassaroh, Jumiyanto Widodo

Abstrak


Artikel ilmiah ini berisi tentang penelitian kualitas pelayanan di Posyandu Bougenville Desa Sukorejo, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kualitas pelayanan di Posyandu Bougenville. Posyandu merupakan suatu wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dipandu oleh petugas kesehatan setempat dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian yang digunakan dengan cara observasi secara langsung dan wawancara kepada kader Posyandu dan masyarakat khususnya ibu-ibu yang setiap bulannya mendatangi Posyandu Bougenville Desa Sukorejo, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan di Posyandu Bougenville Desa Sukorejo, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi sudah cukup baik. Akan tetapi, untuk lebih mengoptimalkan pelayanan yang sudah baik tersebut maka perlu adanya dukungan dari banyak pihak, salah satunya adalah dukungan dari pemerintah sebagai institusi tertinggi baik secara finansial, sarana dan prasarana, serta pembinaan kader.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, T. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Posyandu Camar Kelurahan Poris Plawad Utara Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Journal of Government and Civil Society, Vol. 1, No. 2, 203-216.

Bowling, A. (2014). Research Method in Healths: Investigating Health and Health Services. UK: McGraw-Hill Education.

Hadiyati, I., Sekarwana, N., Sunjaya, D. K., Setiawati, E. P. (2017). Konsep Kualitas Pelayanan Kesehatan Berdasar atas Ekspektasi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. MKB, Vol. 49, No. 2, 102-109.

Sunardi, D. S. Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Peneleh Kota Surabaya. 823-831.

Supatmi., Riyadi, S. (2019). Penguatan Organisasi dan Pelayanan Posyandu di Dusun Soka Seloharjo Pundong Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada, Vol. 1, No. 2, 50-57.

Taufiqurakhman., Satispi, E. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tangerang Selatan: UMJ PRESS.

Wang, T. M., Witteloostuijn, A. V., Heine, F. (2020). A Moral Theory of Public Service Motivation. Front. Psychol. 11:517763. doi: 10.3389/fpsyg.2020.517763




DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v15i1.31456

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :

 Bielefeld Academic Search Engine (BASE)