E-Readiness Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Bursa Kerja Online Melalui Aplikasi BIMMA (Bandung Integrated Manpower Management Applications)
Abstrak
This research was distributed by the existence of the phenomenon of changing job fair services that go an offline system to an online system and not achieving the three performance targets in the implementation of online job fair services through the BIMMA applicatio.. The purpose of this research is to find out how the e-Readiness of the Bandung City Manpower Service in organizing online job fair market services through the BIMMA application. The research method used in this study is a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The validity technique is done by triangulating sources from the results of interviews and documentation studies. The results of this research showed that the e-Readiness of the Bandung City Manpower Service in providing online job fair market services through the BIMMA application was considered ready on the grounds that there were 5 (five) factors that had been fulfilled and 1 (one) factor that had not been fulfilled related to the factors affecting e-Readiness of the Bandung City Manpower Office. These factors can be seen from the availability of telecommunication infrastructure needs, the availability of connectivity and the use of IT by the government because the facilities have been used and maintained properly, the funds and budget are available according to their needs, the law that regulates online job fair market services is available, and there has been a paradigm shift by government employees. Suggestions for this problem are the Bandung City Manpower Service needs to pay attention to the needs of facilities and infrastructure, refinement of human resource planning in the division of tasks, re-analyze the workload and quantity of employees, take decisive action in carrying out tasks issuing sanctions, and increasing the intensity of discussion and joint evaluation among employees.
Penelitian ini dilatabelakangi oleh adanya fenomena perubahan pelayanan bursa kerja dari sistem offline menjadi sistem online serta tidak tercapainya tiga capaian kinerja sasaran dalam pelaksanaan pelayanan bursa kerja online melalui aplikasi BIMMA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana e-Readiness Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung dalam penyelenggaraan pelayanan bursa kerja online melalui aplikasi BIMMA. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber dari hasil wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-Readiness Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung dalam penyelenggaraan pelayanan bursa kerja online melalui aplikasi BIMMA dinilai sudah siap dengan alasan telah terdapat 5 (lima) faktor yang sudah terpenuhi dan 1 (satu) faktor yang belum terpenuhi terkait dengan faktor yang mempengaruhi e-Readiness Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung. Faktor-faktor tersebut yaitu bisa dilihat dengan sudah tersedianya kebutuhan infrasturktur telekomunikasi, sudah baiknya tingkat konektivitas dan penggunaan TI oleh pemerintah karena sarana dan prasaran telah dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, sudah tersedianya dana dan anggaran sesuai dengan kebutuhannya, sudah tersedianya perangkat hukum yang mengatur tentang pelayanan bursa kerja online, dan sudah baiknya perubahan paradigma oleh para pegawai. Saran yang diajukan atas penelitian ini ialah Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung perlu untuk memperhatikan kebutuhan sarana dan prasarana, melakukan perencanaan SDM dalam melakukan pembagian tugas, menganalisis kembali antara beban kerja dan kuantitas pegawai, melakukan tindakan yang tegas dalam menjalankan sanksi, dan meningkatkan intensitas diskusi dan evaluasi bersama antar pegawai.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku
Ardipandanto, Aryojati, Handrini Ardiyanti, Ahmad Budiman, and Debora Sanur. 2015. Pengembangan Teknologi Informasi Komunikasi Bagi Pelayanan Publik Dan Keamanan Nasional Di Daerah. edited by I. Pahlevi. Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR Republik Indonesia.
Indrajit, Richardus Eko. 2007. Electronic Goverment in Action - Strategi Implementasi Di Berbagai Negara.
Indrayani, Etin. 2020. E-Government: Konsep, Implementasi Dan Perkembangannya Di Indonesia. Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Balai Insan Cendikia.
Iswandari, Bunga Asoka. 2021. “Jaminan Atas Pemenuhan Hak Keamanan Data Pribadi Dalam Penyelenggaraan E-Government Guna Mewujudkan Good Governance.” Jurnal Hukum Ius Quia Iustum 28(1):115–38.
Kagoya, Sumaya M., Gilbert Maiga, and Dev Jani. 2018. “An E-Government Readiness Assessment Framework for Uganda (A Case Study of Ugandan Ministries).” 14th ORSEA Conference Proceedings Nov. 2018 (123).
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.
Jurnal
Abdulwahid, Hayder Sabah, Mohammed Kalid Salman, and Alia J. Ouda. 2019. “Identify and Assessing the E-Readiness of Public Organizations (Case Study in Iraq).” AIP Conference Proceedings 2144(August).
Azab, Nahed A. 2009. “Assessing Electronic Government Readiness of Public Organizations.” Innovation and Knowledge Management in Twin Track Economies Challenges and Solutions - Proceedings of the 11th International Business Information Management Association Conference, IBIMA 2009 1–3:364–65.
Cedric, Steve. 2020. “E-Government Readiness Assessment for Government Institutions in Burundi.” International Journal of European Studies 4(1):1.
Epa, Nesty, Sampara Lukman, and Ella Wargadinata. 2019. “E-Readiness Dalam Penerapan E-Planning Di Kabupaten Mamberamo Tengah Provinsi Papua.” Visioner 11(2010):517–26.
Firman, Firman. 2020. “Challenges and Roles of Official Statistics in the Covid-19 Pandemic.” Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi 17(1):89–93.
Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik Konsep Dimensi Indikator Dan Implementasinya.
Hussin, Nurussobah, and Wan Satirah Wan Mohd Saman. 2015. “A Readiness For Change Model For Dubai E-Government Initiative.” The 12th International Conference E-Society 149–65.
Kovacic, Zlatko J. 2007. “A Brave New E-World? An Exploratory Analysis of Worldwide E-Government Readiness, Level of Democracy, Corruption and Globalization.” International Journal of Electronic Government Research (IJEGR) 1(3):15–32.
Malek, Inshirah Abdul, Jitendra Pandey, and Vishal Dattana. 2020. “E- Government Service Quality And Its Effectiveness.” Journal of Student Research 1–10.
Nento, Firto, Lukito Edi Nugroho, and Selo. 2017. “Model E-Readiness Untuk Pengukuran Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Penerapan Smart Government (Studi Kasus Pemerintah Provinsi Gorontalo).” Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri (SENIATI) B27.1-6.
Nugroho, Rossi Adi. 2020. “Kajian Analisis Model E-Readiness Dalam Rangka Implementasi E-Government.” Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi 11(1):65.
Nugroho, Rossi Adi, and Yuyun Purbokusumo. 2020. “E-Government Readiness : Penilaian Kesiapan Aktor Utama Penerapan E-Government Di Indonesia.” Iptek-Kom 22(1):1–17.
Putra, Mohammad Toha, Warsito Warsito, and Nunik Retno Herawati. 2017. “Evaluasi Partisipasi Masyarakat Dalam E-Government Pelayanan Publik Di Kabupaten Boyolali.” Jurnal Ilmu Pemerintahan Undip 6(04):21–30.
Putri, Nur Aslamaturrahmah Dwi. 2018. “E-Readiness Provinsi Kepulauan Riau Dalam Penerapan E-Government (Studi Terhadap Kepri Smart Province).” Kemudi: Jurnal Ilmu Pemerintahan 3(1):173–92.
Rosana, Ellya. 2014. “Kepatuhan Hukum Sebagai Wujud Kesadaran Hukum Masyarakat.” Jurnal TAPIs 10.
Suharto, E. 2007. Kebijakan Publik Sebagai Kebijakan Publik. Vol. 2. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Taufik, and Kandung Sapto Nugroho. 2020. “Mengelola Perubahan Dalam Organisasi Tetap Survive Menghadapi Tantangan Global.” Al-Ijtima`i: International Journal of Government and Social Science 6(1):75–88.
Zulfa, Lala Laila, Euis Mauna Mujibah, and Zahra Fitrah Rajaguguk. 2020. “Pelatihan Penggunaan Perangkat Berbasis Internet Dalam Pengumpulan Data Penelitian Masa Pandemi COVID-19.” Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1(2):143.
Skripsi
Hakim, Rizki Fadillah Lukmanul. 2017. “Pelaksanaan Bandung Intergrated Manpower Management Application (BIMMA) Dalam Mempermudah Masyarakat Pencari Kerja Kota Bandung Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kota Bandung.” Pasundan University.
Sinaga, Ezekiel Sinaga. 2018. “Efektivitas Pelayanan Bursa Kerja Online Melalui Aplikasi BIMMA Di Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung.” Padjadjaran University.
Dokumen
Bandung Dalam Angka Tahun 2020.
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Tahun 2020.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah
Website
Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung. 2021. Diakses melalui https://disnaker.bandung.go.id/ pada bulan Maret 2021.
Puspita, R. 2020. LIPI: Metode Digital Alternatif Riset Saat Pandemi. Republika.co.id. Diakses melalui https://www.republika.co.id/berita/qch5oe428/lipi-metode-digital-alternatif-riset-saat-pandemi pada tanggal 18 Mei 2021 pukul 15.41 WIB
Sumber Lainnya
Asep Sumaryana, Heru Nurasa, & Dedi Sukarno. 2020. Pendekatan Penelitian, Desain Penelitian, dan Metode Penelitian dalam Menyusun dan Penulisan Tigas Akhir (Edisi Kedua). Sumedang: Tim Dosen MPA Program Studi Administrasi Publik FISIP Unpad.
DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v14i1.41313
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :