EFEKTIVITAS PROGRAM INDONESIA PINTAR PADA JENJANG SMA NEGERI DI KOTA BUKITTINGGI
Abstrak
Penelitian ini berlandasan pada tingginya perbedaan angka penerima beasiswa Program Indonesia Pintar dengan siswa yang didaftarkan oleh sekolah, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari Program Indonesia Pintar di Kota Bukittinggi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menggali permasalahan secara mendalam dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi ke seluruh sekolah menengah atas di Kota Bukittingi dan memberikan hasil bahwa Program Indonesia Pintar telah berjalan efektifif di Kota Bukittinggi dengan alasan bahwa pelaksana program sudah memahami program dengan baik, lalu program sudah dikhusukan bagi siswa yang termasuk kedalam golongan kurang mampu, program sudah memberikan manfaat kepada masyarakat dan juga mengurangi angka putus sekolah di Kota Bukittinggi.
This research is motivated by the high difference in the number of recipients of Program Indonesia Pintar scholarships with students enrolled by the school, the purpose of this research is to find out how effective of Program Indonesia Pintar is in Bukittinggi City by using qualitative research methods. explore problems in depth by conducting interviews, observations, and documentation studies to all high schools in Bukittinggi City and giving the results that Program Indonesia Pintar has been running effectively in Bukittinggi City on the grounds that the program implementers have understood the program well, then the program has been specifically for students who belong to the underprivileged group. has provided benefits to the community and also reduced the dropout rate in Bukittinggi City.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Data, K. (2019). Anak Indonesia Kehilangan Masa Kecil. Widya Nandini. https://katadata.co.id/anshar/infografik/5e9a55782143c/anak-indonesia-kehilangan-masa-kecil
Statistik, B. P. (2020). Indikator Pendidikan Indonesia 1994-2020. https://www.bps.go.id/statictable/2010/03/19/1525/indikator-pendidikan-1994-2019.html
TNP2K. (2018). Tanya/Jawab Umum Basis Data Terpadu. http://bdt.tnp2k.go.id/tanyajawab/
Statistik, B. P. (2020). Kota Padang Dalam Angka 2020. https://padangkota.bps.go.id/publication/2020/04/27/b42cd6da66e4250bf7605892/kota-padang-dalam-angka-2020.html
Statistik, B. P. (2021). Kota Padang Dalam Angka 2021. https://padangkota.bps.go.id/publication/2021/02/26/8bd456c475a4c0708989be2c/kota-padang-dalam-angka-2021.html
Karmila, Zulfan, & Nusuary, F. M. (2019). Efektivitas Program Indonesia Pintar (Pip) Terhadap Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 4(4).
Retnaningsih, H. (2017). Program Indonesia Pintar: Implementasi Kebijakan Jaminan Sosial Bidang Pendidikan (Studi di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan). Jurnal Aspirasi, 8(2), 161–177.
Taufiqurokhman. (2014). Kebijakan Publik Pendelegasian Tanggung Jawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan. Kebijakan Publik, 3–4.
Syafie, I. K. (2006). Ilmu Administrasi Publik (Kedua). Rineka Cipta.
Thoha, M. (2011). Ilmu Administrasi Publik Kontemporer (Keempat). Kencana Prenada Media Group.
Sutapa, M. (2008). Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 02, 112408.
Fauzi, A., Astuti, D. H., & H, S. (2020). Efektivitas Program Beasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(2), 102. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n2.p102-112
Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 1–12. https://doi.org/10.1109/ICMENS.2005.96
Riant Nughroho, H. A. . T. (2012). Kebijakan Pendidikan (Ketiga). Pustaka Pelajar.
Widoyoko, S. E. P. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran (Ketujuh). Pustaka Pelajar.
Mansyur, S. (2013). Efektivitas Pelayanan Publik Dalam Perspektif Administrasi Publik Oleh. Academica, 5(1), 965–972.
Tami, F. D., & Putri, N. E. (2019). Efektivitas Penerapan Program E-Kelurahan Di Kelurahan Silaing Bawah Kota Padang Panjang. Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik, 14(1), 56. https://doi.org/10.20961/sp.v14i1.34004
Bersalli, G., Menanteau, P., & El-Methni, J. (2020). Renewable energy policy effectiveness: A panel data analysis across Europe and Latin America. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 133(June). https://doi.org/10.1016/j.rser.2020.110351
Jibril, A. (2017). EFEKTIVITAS PROGRAM PERPUSERU DI PERPUSTAKAN UMUM KABUPATEN PAMEKASAN. Jurnal Universitas Airlangga, 1–8.
Nurul Najidah. (2019). Efektivitas Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 5–7.
Daniarsyah, D. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Program Kartu Kusuka Pada Kementerian Kelautan dan Perikanan. Journal of Indonesia Public Administration and Governance Studies (Jipags), 3(NO DATE), 628–643. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JIPAGS/article/view/7552/5126
Mukherjee, I., & Bali, A. S. (2019). Policy effectiveness and capacity: two sides of the design coin. Policy Design and Practice, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.1080/25741292.2019.1632616
Usman, C. (2010). Efektivitas Program Keluarga Harapan ( PKH ) dalam Rangka Penanggulangan Kemiskinan ( Suatu Studi di Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo ). Jurnal Administrasi Publik Universitas Sam Ratulangi Manado, 4. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/4503/4032
John W Creswell. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mix Method Approaches (Fourth). SAGE.
Lexy J Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja RosdaKarya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Data, K. (2018, July). #MudahkanHidup Anak Indonesia. Tim Publikasi Kata Data. https://katadata.co.id/arsip/infografik/5e9a55e39ab07/mudahkanhidup-anak-indonesia
Tempo. (2019, July 23). Partisipasi Pendidikan Naik Tapi Jutaan Anak Indonesia Masih Putus Sekolah. https://www.tempo.co/abc/4460/partisipasi-pendidikan-naik-tapi-jutaan-anak-indonesia-masih-putus-sekolah
Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. (2021). REKAP CALON PENERIMA PIP SMA,SMK DAN SLB CABANG DINAS WILAYAH I TAHUN 2021.
Kemendikbud. (2021). APK & APM PAUD, SD, SMP dan SM. Pusat Data Dan Teknologi Informasi, 61. http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_9B3354BE-835B-4145-B740-85B690F3DEC1_.pdf
Kebudayaan, K. P. dan. (2020). Penyaluran PIP Tingkat Kabupaten dan Kota. https://pip.kemdikbud.go.id/penyaluran/kabupaten/08?tahun=2020
Kebudayaan, K. P. dan. (2021). Penyaluran PIP Tingkat Kabupaten dan Kota. https://pip.kemdikbud.go.id/penyaluran/kabupaten/08?tahun=2021
Kebudayaan, K. P. dan. (2019). Penyaluran PIP Tingkat Kabupaten dan Kota. https://pip.kemdikbud.go.id/penyaluran/kabupaten/08?tahun=2019
Sutrisno, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (9th ed.). Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v14i2.45140
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :




